Monday, June 16, 2008

Jakarta Old Wall Tour

Wahhh... kemarin itu gw ikutan tour yang diracang sama temen2 di Sahabat Museum (BatMus) yaitu komunitas yang punya concern akan sejarah dan peninggalan sejarah yang ada di Indo khususnya permuseuman. Kebetulan tournya kemarin soal menyusuri tembok tua Kota di Jakarta. Gw antusias banget, karena emang gw doyan pembahasan soal sejarah dan asal-usul suatu tempat atau bangunan peninggalan bersejarah tertentu.

Cuman sayang kemarin ujan, jadi dari pagi udah sedikit resah-gelisah mengenai jadi enggaknya tour ini. Tapi mas Adep dari BAtMus via sms dengan semangat bilang bahwa tour teuteup jadi... otomatis gw jg jd semangat lagi.

Nyampe di Museum Bank Mandiri (MBM), kita semua pada registrasi dulu. Gw terkesima bgt ama MBM ini, secara ini pertama kali gw ke sini... mantap ternyata, yah arsitekturnya dan kemegahan gedungnya... sangat2 berwibawa. Sambil nunggu, gw keliling2 ngamatin gedung dan isinya yang ternyata berisi alat2 bank dr taon 1930... busyet deh. Dan dr situ gw baru tahu kenapa di akuntasi ada yg namanya buku besar... karena emang bukunya gede banget... beratnya aja 20 kg-an rata2... pake apaan jaman itu yah manggulnya he3x...

Selanjutnya jam 9-an kita digelandang ke auditorium buat denger penjelasan dari tim BatMus: ada Pak Lili, Pak Firman, Pak Andi (ahli peta) dan Pak Niko (bule holandia), mereka semua nerangin ttg mo ngapain kita hari ini. Tadinya kita emang mau langsung naek speda onthel ke museum bahari, tapi masih ujan, jadi jadwal dirubah jadi keliling MBM.

MBM menariknya minta ampun... karena baru sekali itu gw liat tempat brankas uang bawah tanah yang mantep banget... amazing lah... terus kita juga diajak ngeliat ruangan konfrensi yang megah persis kayak di film 3 muskeeter atau jaman kerajaan Inggris ngumpul gituh (berlebihan yah gw) dan ruang direski serta presiden Bank tersebut saat itu... mantapnya abis2an... takjub gw

Kira2 jam 10-an, ujan reda, terus kita diminta turun ke bawah untuk naek ojek onthel ke museum bahari. Gw dpt ojek onthel nomor 4. Dan itu pengalaman gw naek ojek onthel pertama di Jakarta... he3x... mantep. Kl gak salah muka gw diliput Anteve saat ituhhh he3x...

Sampai di museum Bahari... gw takjub lagi... anjrot ini bangunan gudang tapi kok kayak benteng... gilaaa mantepnya... takjub gw... cuman sayang di Indo seperti biasa pemerintah gak kreatif mikirin beginian... korupsi mulu sih loe :p (becanda denk... sorry yah jgn dikenain UU ite GW). Disini kita dikasih presentasi soal perang VOC sama Mataram dan dimana letak2nya saat ini. Keren menurut gw, walo harusnya kita bener2 diajak ketempat ybs biar real.

Jam 1/2 1-an akhirnya tour selesai... berikutnya tour keliling statiun tua by train... wahhh... gw mau tau juga tuh...

No comments: