Sunday, August 17, 2008

The Insprative Air Asia Story


Semua pasti tau Air Asia kan... maskapai paling spektakuler di Asia Tenggara dan bahkan Asia, karena apa??? Karena dia berani jadi maskapai murah point to point di kawasan Asia Tenggara. Gw liat buku ini gak sengaja pas gw lagi cuci mata di toko buku he3x... sampulnya yang merah mencolok mata banget, dan begitu gw liat judulnya langsung tanpa banyak mikir gw beli... karena gw yakin isinya inspiratif buat gw.

Buku ini cukup bagus, ringkas dan padat menurut gw. Isinya membahasa perjuangan Air Asia dari awal sebuah mimpi kemudian menjadi kenyataan yang fantastis dengan tingkat pencapaian, baik penumpang dan keuntungan yang terus melonjak setiap tahunnya.

Beberapa hal yang gw catet dan merupakan inspirasi bagi gw adalah:


  1. Jangan pernah berhenti bermimpi... tapi harus dengan metode S-M-A-R-T yah... setelah itu capailah. Di buku ini pemilik Air Asia bernama Tony Fernandez, WN Malay(sia) :p, dia dulunya adalah Eksekutif di Virgin Records (no wonder yah orangnya hebat... ketularan Richard Branson dia :p) kemudian pindah ke Warner di Malay(sia). Cita-cia dia waktu itu adalah bagaimana mewujudkan maskapai murah di kawasan Asia Tenggara ini. Awalnya dia juga ke-idean sama maskapai murah di Amrik dan Eropa.

  2. Kerja keras.. Gigih dan pantang menyerah dan putus asa. Ini orang emang top bgt deh... gimana susahnya dia nembus otorita penerbangan Malay(sia) awalanya. Bagaimana di memperjuangkan ada terminal LCCT di KLIA, hebat banget. Terus abis itu dia memperjuangkan gimana caranya bisa punya LCC di Changi Airport. Patut ditiru deh perjuangan dan kegigihannya.

  3. Cari dan buat jaringan serta manfaatkan jaringan tersebut. Si Tony ini :p memang punya pergaulan yang luas banget dan dia bisa mempergunakan pergaulannya dan jaringannya itu dengan baik.

  4. 4P yang mumpuni dan Branding. Tony sangat pandai mem-branding corporate dan pribadinya, sehingga tanpa iklan yang terlalu banyak, dia sudah bisa mengiklankan Air Asianya sendiri. Selain itu cara dia mengiklankan Air Asia juga sangat unik, sederhana namun mengena di konsumen.

Pokoknya buku ini woth to buy and read deh... gak njelimet, santai tapi berisi dan inspiratif :p

No comments: