Sunday, August 28, 2011

Go Green - Investasi seumur hidup & setelah mati

Pagi ini kebetulan gw denger ceramah subuh di Mesjid. Yang bawain habib-habib gitu. Biasanya gw agak negatif ama habib tuh soalnya kerjaannya bikin macet ama persepsi takut aja. Rata-arat kan habib umatnya banyak, dan umatnya kalau lagi mau datang ceramah banyak bener, bikin macet, bikin sudah masuk akses rumah, terkesan menakutkan karena konvoi-konvoi gak pake helem di jalanan... gak betul.

Tapi habib yang satu ini gw suka, dia langganan ceramah di Mesjid gw dan ceramahnya adem. Subuh ini ceramahnya ngomongin soal apa yang bisa membuat kita gak masuk neraka.

Singkat cerita, ada satu hal yang gw baru denger dalam ceramah-ceramah dan menurut gw cukup provokatif, dia bilang begini:

"Pahala orang yang merelakan tanahnya untuk dibuat jalan umum, lebih besar daripada pahala dia relakan tanahnya buat bangun Mesjid. Karena Mesjid hanya dipakai oleh orang Islam saja sedangkan jalan umum, dipakai oleh siapa saja yang memerlukan"

Terus dia bilang lagi:

"Pahala kita nanam pohon juga besar, karena nanti ketika pohon berbuah, buahnya dimakan binatang atau dicuri sama orangpun, kita sudah kasih berkah dari pohonnya, Alloh akan kasih pahala"

"Pahala dari apa2 yang kita berikan untuk orang kebanyakan akan terus mengalir sampai ke liang kubur kita atau sampai kita mati-pun pahalanya masih terus ada untuk kita"

Setelah itu gw langsung berpikir... ada banyak analogi dalam kepala gw... berarti...

bayangkan KITA NANAM SATU POHON.. dirawat dan tumbuh bagus... berbunga berbuah...

SERBUK DARI BUNGA akan DIBAWA NAGIN ATAU BURUNG, terus JADI POHON BARU dimanapun burung membawa serbuk itu

dari POHON TUMBUH BUAH... buah DIMAKAN HEWAN, dimakan ORANG atau DICURIi KITA DAPAT PAHALA

kebayang... pahalanya itu kaya bercabang-cabang dari mana-mana... terus mengalir kemana-mana

yang leboh gak kebayang sama gw adalah... POHON MENYEDIAKAN OKSIGEN BUAT MAKHLUK HIDUP..

OKSIGEN DIHIRUP DARI POHON YANG KITA TANAM DAN TUMBUH DIMANA-MANA TADI..

BERARTI KITA DAPAT PAHALA JUGA SEUMUR POHON TERSEBUT

SUBHANALLAH...

Hmmm... berarti...

Bayangkan kalau kita misalnya:

1. Gak buang sampah sembarangan

2. Hemat air

3. Melakukan daur ulang

4. Bike to work atau to campuss

5. Menggunakan transportasi umum

6. Memilah-milah sampah agar mudah didaur ulang

Dan lain-lainnya upaya penyelamatan bumi adalah juga merupakan upaya untuk menyelamatkan generasi penerus dan orang lain yang hidup di bumi.

Alloh saja dalam Quran mengutuk manusia yang berbuat kerusakan di bumi... jadi kalau menyelamatkan bumi pasti disayang Alloh :).

Kebayang pahala yang didapat.. terus mengalir turun temurun... subhanAlloh

Hmmmm... pencerahan di bulan Ramadhan memang ada-ada aja :)

InsyAlloh akan dipraktikkan... tapi niat & tujuannnya harus lebih luas yaitu agar "BISA BERMANFAAT BAGI KEBANYAKAN ORANG"

No comments: